• Tracy Lim (Director )
    I attended PhysioActive following a cervical neck surgery in July 2017 and was introduced to PhysioActive by my doctor. Diana is professional, highly knowledgeable and passionate about her patient's recovery and progress. I want to thank her for the fast recovery and the confidence to play golf again!

Perawatan Leher & Punggung

Sakit pada leher dan punggung dapat disebabkan oleh sejumlah cedera dan kondisi termasuk kekakuan, cedera, kelainan bawaan, dan penyakit yang berkaitan dengan usia. Sayangnya, rasa sakit bukan satu-satunya gejala masalah leher dan punggung. Karena sebagian besar sinyal saraf tubuh melewati sumsum tulang belakang, cedera tulang belakang dan penyakit dapat dengan mudah menyebabkan disfungsi gerakan juga.

Pendekatan Perawatan Nyeri Punggung PhysioActive

Perawatan yang terampil dari ahli sakit leher dan punggung adalah kunci untuk menghilangkan masalah Anda. Kami secara efektif menangani hampir semua masalah kondisi tulang belakang atau kondisi yang menyebabkan Anda sakit punggung atau kondisi yang membatasi gerakan dan aktivitas Anda melalui banyak pilihan perawatan termasuk terapi olahraga, fisioterapi, dan pijat.

Gaya hidup kita yang modern sering menyebabkan masalah leher dan punggung. Ini sanagat berlaku untuk penggunaan perangkat seluler dan duduk dalam waktu yang lama saat di kantor. Postur kepala ke depan dengan didorong oleh beberapa aktivitas yang menempatkan sejumlah besar ketegangan di leher dan punggung Anda. Faktanya, postur kepala yang maju kedepan (bungkuk) dapat menyebabkan tekanan ekstra hingga 14 kg pada tulang belakang Anda.

Inilah sebabnya mengapa PhysioActive memberikan pelatihan postur selain perawatan nyeri leher dan punggung lainnya. Terapis ahli kami akan membimbing Anda pada ergonomi yang tepat dan postur yang baik untuk menghilangkan rasa sakit dan mencegah masalah di masa depan.

Penyebab Umum Nyeri Punggung dan Nyeri Leher

Ketika anatomi tulang belakang mengalami perubahan, itu dapat menyebabkan sakit punggung kronis, alasannya cukup beragam. Seringkali, keausan normal mempengaruhi satu atau lebih sendi tulang belakang lumbar, menyebabkan penyakit sendi degeneratif. Selain itu, tidak jarang gel di dalam sendi bocor ke luar, memengaruhi akar saraf, sendi, atau otot di sekitarnya. Dalam beberapa kasus, nyeri punggung timbul dari masalah dengan vertebra dan sendi, seperti:

  • Stenosis tulang belakang
  • Spondylolisthesis isthmic
  • Disfungsi sendi sacroiliac

Faktor risiko umum untuk sakit punggung yakni obesitas, usia lanjut, merokok, duduk atau berdiri yang berkepanjangan, dan angkat beban. Secara keseluruhan, segala aktivitas atau faktor gaya hidup yang memberi tekanan berlebihan pada tulang belakang dapat menyebabkan rasa sakit.

Selanjutnya, sakit leher juga dapat terjadi karena berbagai alasan dan melibatkan jaringan di bagian tubuh. Contoh penyakit dan gangguan yang menyebabkan nyeri leher:

  • Infeksi virus di tenggorokan
  • Ketegangan pada leher
  • Saraf terjepit
  • Penyakit degeneratif sendi tulang punggung
  • Herniasi sendi tulang punggung

Terkadang otot itu sendiri dipengaruhi oleh kondisi yang menyebabkan masalah – misalnya polymyalgia, rheumatica, dan fibromyalgia. Alasan lain yang mungkin adalah posisi yang tidak nyaman saat tidur.

Beberapa faktor risiko untuk rasa sakit yang terletak di leher termasuk kecelakaan kendaraan bermotor, berkuda, olahraga kontak, dan menunggang banteng

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • Bagaimana saya merawat punggung dan leher saya?

    Dari 8 dari 10 orang akan mengalami masalah punggung dalam suatu waktu di hidup mereka, nyeri punggung yang berulang dari mekanika tubuh yang tidak tepat seringkali dapat dicegah.

    Belajarlah untuk mempertahankan postur yang tepat, angkat benda dengan benar, dan hindari gerakan mendadak yang meregangkan punggung. Pengaturan ruang lingkup kerja yang ergonomis dapat juga mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah gangguan muskuloskeletal yang berhubungan dengan pekerjaan.

  • Bagaimana Anda merawat cedera Whiplash?

    Ya, fisioterapi adalah pilihan yang efektif untuk whiplash, suatu kondisi di mana jaringan lunak di leher Anda rusak. Fisioterapi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kejang otot, dan mendukung penyembuhan pada jaringan leher.

    Fisioterapis Anda dapat menggunakan berbagai perawatan pasif untuk whiplash termasuk Deep Tissue Massage (Tusuk Jarum Kering)Terapi Exercise, dan Termoterapy & Krioterapi.
    i.

  • Apakah sakit punggung itu umum saat penuaan?

    Nyeri kronis yang ada setiap hari setidaknya selama enam bulan bisa sangat banyak karena faktor-faktor lain seperti pilihan gaya hidup dan bukan penuaan.

    Orang yang lebih tua sering tidak mencari bantuan untuk rasa sakit yang “diharapkan” sampai kondisi mereka berubah jadi lebih memburuk.

    Rasa sakit itu tidak normal, juga bukan bagian dari kehidupan. Dapatkan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat dari ahli fisioterapi hari ini jika Anda menderita sakit punggung.

  • Saya mengalami sakit punggung saat duduk terlalu lama di kantor. Apakah saya harus khawatir?

    Ketidaknyamanan yang menyeluruh dan rasa sakit di leher, punggung, dan bahu adalah gejala umum yang dilaporkan oleh karyawan yang duduk hampir sepanjang hari kerja mereka.

    Duduk mengubah kelengkungan normal tulang belakang dan memberi tekanan pada sendi. Dengan duduk yang lama, kompresi sumsum tulang belakang pada tingkat tulang belakang leher dapat terjadi, menyebabkan kelemahan dan pemborosan anggota tubuh bagian atas. Ini kemudian dapat menyebar ke anggota tubuh bagian bawah, mengakibatkan nyeri punggung kronis dan kemungkinan kerusakan saraf.

    Selain beristirahat setidaknya sekali setiap jam untuk berjalan-jalan di sekitar kantor atau melakukan peregangan, Anda juga dapat mendatangi spesialis a href=”https://www.physioactive.id/our-services/corporate-health-ergonomics/”>Corporate Health & Ergonomics untuk membantu mengurangi risiko gangguan muskuloskeletal terkait pekerjaan (WMSD).

  • Apa yang akan terjadi apabila saya mengabaikan rasa sakit pada leher dan punggung saya?

    Sakit pada leher dan punggung bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang umum namun penting untuk mencari bantuan seseorang yang profesional ketika rasa sakit itu berlanjut.

    Sakit yang tidak diobati dapat menimbulkan ketegangan ekstra pada kelompok otot lain yang mencoba mengimbangi kekurangan kelompok otot. Ini bisa menyebabkan efek domino di mana Anda memicu rasa sakit di bagian tubuh lain sebagai akibat dari kompensasi yang berlebihan.