Physioactive mengunjungi Bites & Bikes untuk mencari tahu mengapa bike fitting itu penting

Dengan bersepeda menjadi lebih populer dalam pandemi ini bahkan fisioterapis merekomendasikan bike fitting yang pas untuk menghindari cedera.

Selama pandemi saat ini banyak orang telah belajar bersepeda dan GOWES. Ini tentu saja hal yang baik, tetapi dengan bersepeda begitu populer sekarang, cederanya juga meningkat. Cara yang baik untuk mencegah cedera sepeda adalah dengan memastikan bahwa sepeda Anda benar-benar disesuaikan dengan tubuh Anda, proses bike fitting. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini, kami mengunjungi Bites & Bikes, toko perlengkapan sepeda terkemuka di wilayah Jabodetabek.

Apa itu Bike Fitting?

Bersepeda adalah gerakan yang berulang-ulang. Dalam satu jam, pengendara sepeda bisa mengayuh 5000 putaran. Seiring berjalannya waktu, sepeda yang tidak pas dapat menyebabkan ketidaknyamanan, nyeri, dan pada akhirnya dapat menyebabkan cedera.

Bike fitting merupakan salah satu proses penyesuaian sepeda bagi pengendaranya untuk mendapatkan kenyamanan, kinerja dan efisiensi yang optimal. Ada beberapa pesepeda yang mengeluhkan rasa sakit dibagian bokong, punggung, tungkai bawah, tungkai atas dan leher saat sedang bersepeda. Sering kali, pengendara sepeda mungkin telah mencoba pressure garments untuk meredakan area yang tertekan seperti dengan bantalan gel di sarung tangannya, di bagian joknya, dan juga bagian stangnya. Sering kali juga itu menjadi solusi untuk membalut luka.

Selain itu, pengendara sepeda sering mengalami cedera yang berlebihan seperti cyclist palsy, cyclist back, nyeri lutut anterior yang diakibatkan dari pengaturan bersepeda yang salah.

Bike fitting dianjurkan itu siapapun yang bersepeda. Sepeda yang pas sangat dapat membantu untuk mencegah cedera akibat penggunaan yang berlebihan dan dapat membantu otot serta paru-paru agar dapat berfungsi dengan sebaik mungkin, meningkatkan performa dan tentunya juga kesenangan saat bersepeda.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat bersepeda:

Posisi kaki

Saat meletakkan kaki di atas pedal yang rata, bola pada telapak kaki Anda harus tepat di depan poros pedal, sehingga pengendara dapat tetap seimbang saat berdiri di atas pedal. Menempatkan kaki Anda lebih jauh ke belakang pada pedal (lebih banyak kontak di dekat jari kaki) sama saja dengan menempatkan Achilles pada posisi yang kurang tepat sehingga membuatnya lebih cepat lelah saat berdiri di atas pedal dan dapat menyebabkan masalah pada Achilles.

Posisi kaki terhadap pedal

Tinggi sadel

Bagian yang sangat penting dari sebuah sepeda adalah ketinggian sadel. Cara sederhana untuk mendapatkan ketinggian tempat duduk Anda yang tepat adalah dengan meletakkan tumit Anda di atas poros pedal sepeda, tumit Anda harus tetap bersentuhan dengan pedal selama gerakan backpedal. Jika Anda kehilangan kontak dengan pedal atau harus mengayunkan pinggul untuk mempertahankan kontak / ayuhan, maka itu dikarenakan sadel Anda terlalu tinggi. Kemudian posisi kaki dalam bersepeda, lutut Anda harus sedikit menekuk di bagian bawah kayuhan pedal.  Hal itu membuat sendi lutut Anda stabil dan terlindungi.

Ukur posisi sadel dengan kaki lurus

Stem

Beberapa orang lebih memilih posisi yang lebih tegak terutama yang memiliki masalah punggung atau masalah fleksibilitas. Hal ini dapat diatasi dengan menambahkan jarak ke stem untuk menaikkan stang.

Posisi stang

Fitting sepeda merupakan tentang bagaimana sepeda yang pas untuk Anda guna memungkinkan variasi anatomi pada individu. Stang harus dalam posisi condong ke depan dengan nyaman dan tidak membebani punggung, leher, bahu, ataupun pergelangan tangan Anda.

Hasil

Seperti yang Anda lihat, hasil akhirnya terlihat jauh lebih baik daripada posisi aslinya.

Hasil bike fitting

Join The Discussion

*

Related Articles