Apakah Anda menderita nyeri di tumit, nyeri pada achilles, atau menderita bunion? Mungkin Anda memiliki flat foot.

Kaki Datar atau yang kita kenal dengan flat foot lebih dari sekedar gangguan dalam membeli sepatu baru, itu bisa menjadi penyebab sakit tumit kronis, nyeri achilles dan bahkan bunion yang sudah lama mengganggu Anda. Wawancara Dr K Kannan dari Specialist Orthpaedic Centre Singapore ini menjelaskan semua tentang flatfoot.

Apa itu flat foot?

Flatfoot vs Kaki biasa

Flatfoot vs Kaki biasa

Flat foot adalah kerataan dari lengkungan kaki. Konsep flat foot adalah ketika Anda memiliki kaki yang lebar atau kaki yang melebar dan saat Anda berdiri, tepi atau bagian dalam kaki roboh atau menyentuh lantai. Flat foot itu normal dan itu hanya bentuk dari kaki.

Kondisi flat foot

Masalahnya muncul ketika ada gejala yang berhubungan dengan flat foot. Hal ini dapat menimbulkan masalah pada anak-anak dan orang dewasa.

Flat feet pada anak-anak

Kondisi umum yang mungkin menunjukkan bahwa Anda memiliki flat foot pada anak adalah:

  • cara berjalan tidak normal
  • perbedaan panjang tungkai – satu kaki lebih pendek dari yang lain
  • tulang belakang melengkung
  • malalignment bahu atau terjatuh
  • mengeluh kelelahan setelah beraktivitas atau olahraga

Flat feet dengan orang dewasa:

Kondisi umum pada orang dewasa

  • kaki sakit / nyeri pegal
  • kelainan bentuk
  • nyeri bunion
  • presentasi kelainan bentuk jari kaki
  • nyeri tumit atau plantar fasciitis
  • nyeri lutut – di dalam atau di depan lutut
  • Achilles Tendonitis
  • Betis kencang / mati rasa
  • Evolusi Flat Foot
Posterior Tibial Tendon

Posterior Tibial Tendon

Anatomi flat foot mencakup tendon yang sangat penting yang disebut tendon tibialis posterior di bagian dalam kaki. Tendon inilah yang gagal menahan lengkungan dengan cara melengkung.
Oleh karena itu jika tendon ini mulai gagal, lengkungan mulai runtuh seiring waktu. Pada orang dewasa – ini dikenal sebagai Adult Flat Foot Deformity (AFFD). Pada anak tendon ini masih berkembang, sehingga jika lengkung anak sangat lentur dan tendon ini tidak memiliki kemampuan untuk berkembang dengan baik, dan jika dibiarkan maka pada masa dewasa dapat berkembang menjadi AFFD.

Investigasi dan Diagnosis

Scanogram

Scanogram

Lebih dari 90% pemeriksaan dilakukan melalui anamnesis dan pemeriksaan pasien (kelenturan betis, kesejajaran dan kaki). Investigasi lebih lanjut melalui investigasi radiologi yang ditargetkan termasuk x-ray bantalan berat kaki dan Scanogram (x-ray diambil dari pinggul, lutut dan pergelangan kaki yang menunjukkan kesejajaran dan pengukuran tungkai bawah).
Beberapa kasus memerlukan rontgen tulang belakang untuk memeriksa malalignment panggul dan MRI pada pergelangan kaki.

Weight baring X-ray

Weight baring X-ray

Weight baring X-ray

Weight baring X-ray

Apa yang dibutuhkan pada operasi.

80-90% kasus flat foot pada anak-anak tidak memerlukan operasi karena jaringannya masih kenyal. Seringkali, orthotic yang dibuat khusus diperlukan untuk menyeimbangkan gaya berjalan dan membentuk kembali kaki untuk perkembangan yang benar. Jika kelainan bentuk kaki datar cukup parah yang berdampak pada aktivitas berjalan atau sehari-hari, brace mungkin merupakan pilihan terbaik. Sebagai alternatif, ada sejumlah kecil anak yang mungkin memerlukan pembedahan mulai dari prosedur yang sederhana hingga yang rumit.

Custom Made Orthotic and Brace

Custom Made Orthotic and Brace

Hypocure Stent

Hypocure Stent

Hypocure Stent

Operasi sederhana memerlukan pemasangan stent kecil ke dalam lengkungan kaki untuk mengangkat lengkungan, dengan sayatan minimal invasif 1,5 cm di bagian luar pergelangan kaki di bawah panduan radiologis. Ini adalah operasi sehari yang dilakukan dengan obat penenang selama setengah jam. Pasien diberi sepatu khusus dan bisa langsung berjalan setelah operasi. Lukanya membutuhkan waktu dua minggu untuk sembuh. Dengan bantuan fisioterapi, pasien dapat kembali ke gaya hidup aktif dan olahraga dengan cepat.

Prosedur Lainnya

Pembedahan yang lebih rumit untuk memperbaiki kelainan bentuk yang buruk memerlukan kombinasi prosedur: pelepasan otot betis, prosedur pemasangan stent, atau prosedur tambahan dengan pelat dan sekrup. Pemulihan bisa memakan waktu 4-6 minggu, di mana minggu 1 melibatkan tidak meletakkan beban apa pun di kaki dengan bantuan boot bulan / boot udara.

Bunion

Bunion adalah salah satu konsekuensi dari memiliki kaki yang rata atau flat foot. Operasi bunion memerlukan operasi invasif minimal dengan sayatan 2-2,5 cm menggunakan implan, dimana pasien dapat berjalan 2-3 jam setelah operasi. Tingkat kekambuhan setelah operasi bunion hampir 0% – kekambuhan rendah, penerimaan yang mudah dan mobilitas yang mudah pasca operasi

Perawatan pasca operasi

– Perawatan luka – balutan yang tepat dan penggantian balutan teratur
– Peninggian kaki dan icing untuk menghindari pembengkakan
– Konseling pasca bedah untuk kondisi tertentu
– Rehabilitasi pasca bedah – Fisioterapi

Buat Janji Temu

Untuk membuat janji dengan Dr Kannan, berikut adalah detail kontaknya:

Untuk Physioactive Singapore, temukan lokasi terdekat Anda di: www.physioactive.sg

Untuk Physioactive Indonesia, buat janji langsung secara online di sini.

Join The Discussion

*

Related Articles