Tips untuk menggunakan smartphone Anda secara pintar

Tonton serial kami yakni “Ergonomi 101” agar lebih memahami lingkungan yang ideal untuk gaya hidup Anda sehari-hari.

Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut untuk manajemen cedera nyeri atau ergonomi, kunjungi situs web kami untuk detailnya.
Jika Anda ingin membuat janji, Anda dapat melakukannya secara online atau mengirimkan WhatsApp kepada kami.

Smartphone dalam penggunaan sehari-hari

Halo. Selamat datang kembali di 101 seri ergonomi kami dengan fisio aktif. Dalam video ini, kami akan membahas tip tentang cara menggunakan smartphone Anda secara ergonomis termasuk mengaktifkan fitur-fitur pada smartphone Anda untuk menghindari cedera akibat penggunaan yang berlebihan.

Perkenalkan, Ayu, seorang ibu yang luar biasa. Dia adalah wanita hebat yang menjaga anak-anaknya dan mengatur rumah tangga secara efisien sehingga dia dapat memprioritaskan kehidupan sosialnya. Di waktu luangnya, dia mengikuti tren melalui sosial media di ponselnya – bahkan sampai mengorbankan jempolnya hingga sakit.

Dia berpendapat bahwa segala sesuatu dapat dilakukan di smartphone-nya: dimulai dari belanja online, belanja bahan makanan, bersosialisasi dengan keluarga maupun kerabatnya, dan masih banyak lagi. Seakan-akan, seluruh daftar kemungkinan berada di ujung jarinya, jadi bukan hal yang mengejutkan apabila ia mulai kecanduan dengan ponselnya.

Secara singkat, mari kita kembali ke dasar-dasar ergonomi, ada 3 faktor penting untuk mencegah cedera yakni:
Postur yang tepat
Mengelola kekuatan dan …
Gerakan berulang yang berlebihan

Sudah jelas, untuk kasus seperti Ayu ini dia harus berhat-hati pada poin 1 dan 3

Cedera yang disebabkan oleh smartphone dapat terjadi akibat postur tubuh yang statis dan canggung atau tidak nyaman. Leher dan bahu Anda bisa terpengaruh pada saat Anda sedang bertelfonan dengan durasi yang lama. Tangan, pergelangan tangan, dan mata Anda juga dapat terpengaruh saat membaca di layar smartphone Anda yang berukuran kecil.

Tips

Mari kita bahas beberapa tip yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengurangi jenis cedera yang terlalu sering terjadi seperti ini.

Saat menggunakan ponsel Anda, pertahankan postur pergelangan tangan Anda dalam posisi yang netral, jaga agar serileks mungkin dan Anda dapat juga berganti-ganti posisi tangan saat sedang memegang ponsel Anda.
Anda dapat menggunakan antara ibu jari dan jari telunjuk saat mengetik atau scrolling secara bergantian – Jika hanya menggunakan ibu jari Anda untuk mengetik, dapat menyebabkan cedera regangan berulang yang tidak diinginkan atau dikenal sebagai sindrom De Quervain.
Coba untuk menggunakan dikte daripada mengetik. Mari kita tunjukkan caranya.
Jika Anda menggunakan iPhone
Buka pengaturan -> Umum -> Papan Ketik dan pastikan opsi Dikte diaktifkan
Pilih bahasa yang ingin Andakan untuk aktifkan dikte.
Setelah Anda melakukan ini, kapan pun Anda ingin mengetik, Anda hanya perlu menemukan simbol mikrofon, tekan sekali untuk memulai dikte, dan tekan sekali lagi untuk berhenti, atau Anda dapat mengklik untuk mengirimnya secara langsung.
Seperti ini…
Hai Physioactive, tolong buatkan janji untuk saya esok hari..
Jika Anda menggunakan ponsel Android
Pastikan Anda sudah menginstall keyboard google atau juga dikenal sebagai Gboard, Anda dapat mengunduhnya di Play Store.
Setelah Anda melakukan ini, Anda akan menemukan ikon mikrofon kecil di sudut kanan atas keyboard Anda. Tekan sekali untuk memulai dikte, dan tekan sekali lagi untuk berhenti.
Seperti ini….
Terima kasih atas konfirmasinya, sampai jumpa besok …
Gunakan asisten digital internal (atau yang lebih dikenal sebagai Apple Siri atau Google Assistant) untuk melakukan berbagai tindakan praktis dengan instruksi suara. Mari bantu membiasakan Anda dengan ini:
Di iPhone, pastikan Siri diaktifkan. Buka pengaturan -> Siri dan Cari dan aktifkan Siri.
Sekarang Anda dapat menekan dan menahan tombol Home atau cukup ucapkan: Hai Siri, telepon Physioactive Indonesia….
Atau jika Anda ingin menyetel pengingat, ucapkan: Hai Siri, ingatkan saya untuk membelikan Ice Cream untuk anak-anak setelah janji temu saya.
Atau cari di internet: Hai Siri, temukan klinik fisioterapi terbaik di Jakarta di Google…
Jika Anda menggunakan ponsel Android, tekan dan tahan tombol home di bagian bawah layar. Jika ini pertama kalinya, klik Nyalakan.
Sekarang, Anda bisa bicara: Ok Google panggil Physioactive Indonesia
Atau: Oke, Google ingatkan saya untuk membeli bahan makanan malam ini jam 8 malam.
Atau jika Anda ingin mencari: Ok Google temukan fisioterapi anak di Jakarta Selatan
Selain menggunakan fitur asisten, jika Anda merasa mata Anda tegang atau pusing, Anda dapat menyesuaikan kecerahan layar ponsel Anda.
Perhatikan posisi leher Anda saat sedang membaca melalui ponsel Anda. Daripada memiringkan leher Anda, pindahkan ponsel ke posisi yang nyaman, dan hanya turunkan pandangan Anda, bukan seluruh kepala Anda.
Gunakan headphone atau earpiece Bluetooth untuk membebaskan tangan Anda dan membebaskan tubuh Anda dari posisi yang tidak nyaman, terutama selama panggilan telepon yang lama – ingat setiap perubahan adalah kesempatan untuk berpikir dan menyetel kembali postur Anda.

Semoga video ini dapat membantu Anda terbebas dari rasa sakit saat menggunakan ponsel.

Dalam video kami berikutnya, kami akan membahas beberapa aspek kunci dari ergonomi untuk Work From Home. Sementara itu, semoga Anda selalu sehat dan terbebas dari rasa sakit. Namun, jika Anda kesakitan, silakan buat janji temu di situs web kami atau hubungi kami.

CategoryUncategorized

Join The Discussion

*

Related Articles