Memperkenalkan Ergonomi

Physioactive berusaha untuk memberikan Anda perawatan dan kesadaran yang ideal untuk menjalani kehidupan berkualitas baik dan bebas dari rasa sakit.

Tonton serial kami yakni “Ergonomi 101” agar lebih memahami lingkungan yang ideal untuk gaya hidup Anda sehari-hari.

Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut untuk manajemen cedera nyeri atau ergonomi, kunjungi situs web kami untuk detailnya.
Jika Anda ingin membuat janji, Anda dapat melakukannya secara online atau mengirimkan WhatsApp kepada kami.

Kondisi Umum

Apa kesamaan dari seorang kontraktor, auditor, ibu rumah tangga, dan dokter gigi? Meskipun mereka semua mungkin memiliki latar belakang yang berbeda, tapi dengan kebetulan, mereka semua berada di klinik Physioactive pada hari Senin tanggal 5 Mei. Mungkin gaya hidup mereka memang berbeda, namun mereka semua datang dengan keluhan nyeri pada muskuloskeletal yang parah di berbagai bagian tubuh mereka. Mereka telah mengabaikan rasa sakitnya dengan waktu yang cukup lama, tetapi pada saat ini, rasa sakit yang tak tertahankan membuat mereka tidak punya pilihan lagi selain datang untuk fisioterapi.

Tampaknya sangat tidak mungkin bahwa semua rasa sakit ini memiliki penyebab yang sama – namun, memang demikian nyatanya!

Kami ingin memperkenalkan konsep yang tidak diketahui banyak orang; dampaknya bisa sangat besar pada kesehatan sehingga perlu waktu untuk memahaminya yakni Ergonomi.

Mengapa Ergonomi?

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa pegangan didesain dengan lekukan atau dengan lekukan-lekukan tertentu? Atau mengapa keyboard komputer memiliki bentuk khusus?

Jawabannya adalah: sebagian besar desain tersebut dibuat untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan untuk interaksi antara manusia dan lingkungannya. Keindahan desain ini berasal dari penerapan ergonomi – ilmu yang melibatkan studi tentang tubuh manusia termasuk desain untuk kesehatan yang lebih baik, pengalaman yang lebih baik, dan produktivitas yang lebih baik.

Ergonomi dapat berlaku kapan saja, di mana saja untuk semua orang.

Mari membahas beberapa dasar ergonomis yang berlaku untuk semua orang. Ini termasuk:
Postur yang tepat
Mengelola kekuatan
Gerakan berulang yang berlebihan

Ketika berbicara tentang duduk, berdiri, atau berjalan maka tulang dan sendi yang tepat adalah kunci dari semua itu. Jadi, luruskan punggung, tempatkan posisi telinga, bahu, dan pinggul didalam garis sejajar. Sebelum Anda duduk, ingatlah untuk melakukan gerakan squat dengan bertumpu di pinggul – pastikan Anda menjaga semuanya tetap sejajar, lalu duduklah. Dengan mempertahankan postur itu sepanjang hari dan saat sedang melakuakn pekerjaan apa pun, akan dapat mengurangi kelelahan, menghilangkan ketegangan, mengurangi stres pada persendian dan ligamen, dan tentunya membuat Anda merasa lebih baik!

Jadi inilah masalahnya: gangguan untuk postur yang tepat berpotensi menjadi kekuatan yang berbeda. Ada gaya angkat dan angkut, gaya pegangan, gaya dorong dan tarik, serta gaya gravitasi biasa. Mari kami bantu Anda untuk melakukannya: demi menghindari cedera, jangan mengangkat, menarik, atau mendorong terlalu banyak – biarkan postur tubuh yang memandu Anda dan jika perlu, mintalah bantuan, atau gunakan alat lain yang dapat membantu Anda. Serta, gerakkan tubuh Anda, jika Anda sering berdiri saat bekerja maka duduklah. Namun, jika Anda sering duduk saat bekerja, maka luangkanlah waktu untuk berdiri. Setiap pergerakkan merupakan kesempatan untuk berpikir dan menyetel kembali postur Anda.

Melakukan tugas yang sama berulang kali – ya Anda pasti mengerti maksudnya – dengan melakukan gerakan yang berulang dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome, masalah sendi, sirkulasi yang buruk, dan banyak lagi. Untungnya, cedera ini mudah dihindari. Pertama-tama, tatalah area kerja Anda agar sesuai dengan Anda dan tentunya yang dapat mendukung postur tubuh Anda. Kedua, lakukan peregangan. Peregangan sederhana yang Anda lakukan setiap 30-60 menit dapat membuat perbedaan besar dan tentunya mencegah cedera.

Ringkasan

Tujuan dari ergonomis adalah untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan antara manusia dengan lingkungannya. Ini berlaku untuk semua orang.
Jadi perhatikan postur tubuh, kurangi beban, dan istirahatlah untuk meregangkan dan menyetel kembali diri Anda. Lakukanlah semua itu agar Anda akan menjadi lebih efisien, lebih produktif, dan lebih sehat.

Lihat video kami berikutnya. kami akan membahas tips menggunakan smartphone dan tablet secara ergonomis. Sementara itu, semoga Anda selalu sehat dan terbebas dari rasa sakit. Namun, jika Anda merasa kesakitan, silakan buat janji temu di situs web kami atau hubungi kami.

CategoryUncategorized

Join The Discussion

*

Related Articles